Berbagi Info Menarik

Kenali 6 Jenis Alergi Pada Anak!

Kenali 6 Jenis Alergi Pada Anak!

Alergi anak terkadang bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Itu sebabnya orang tua yang memiliki riwayat alergi tertentu, bisa menurunkan alergi yang sama pada anak. Namun, tak menutup kemungkinan anak memiliki jenis alergi yang berbeda. 

Papulir Urticaria

Jenis alergi anak yang pertama ini sering disebut juga dengan reaksi alergi yang disebabkan oleh gigitan serangga. Gigitan ini kemudian menyebabkan munculnya benjolan ruam. Alergi jenis ini biasanya diikuti dengan rasa gatal pada bagian yang terkena gigitan serangga. Adapun jenis-jenis serangga yang biasa menjadi biang masalah adalah nyamuk, kutu, tungau, dan lain sebagainya.

Eksim

Eksim atopik termasuk jenis alergi yang paling sering dialami oleh anak-anak. Eksim ini dimulai dari ruam kecil berwarna merah dan tampak mirip dengan gejala kulit kering. Penyebab eksim ini biasanya disebabkan boleh faktor genetik serta lingkungan. Pemicu utama eksim adalah bahan baku pakaian yang menyebabkan iritasi, sabun cuci atau produk perawatan tubuh lainnya, dan cuaca panas.

Alergi Makanan

Alergi yang disebabkan oleh makanan diakibatkan oleh reaksi dari sistem imun tubuh anak sesaat setelah mengonsumsi makanan tertentu. Pembengkakan pada lidah, bibir, dan saluran napas merupakan efek dari alergi makanan. Tidak hanya itu, alergi makanan juga bisa menyebabkan anak mengalami gangguan pencernaan seperti diare.

Umumnya sangat jarang alergi makanan menyebabkan kelainan pada kulit. Namun ada beberapa kasus alergi yang reaksinya justru muncul pada kulit anak. Anak yang mengalami alergi makanan juga dapat terkena dermatitis atopik atau disebut juga eksim atopik. Sudah seharusnya Anda mulai mengeliminasi ragam makanan yang dapat menyebabkan alergi pada anak.

Alergi Obat

Alergi obat biasanya ditandai dengan kulit kemerah-merahan, gatal, dan muncul biduran. Bisa pula disertai dengan mata merah serta adanya pembengkakan pada mulut serta tenggorokan. Namun, waspadai alergi obat dalam kategori berat karena dapat membahayakan nyawa anak. Alergi obat dalam kondisi berat ditandai dengan anak mengalami anafilaksis dengan gejala kulit membiru, pusing, serta pingsan. Selain itu ditambah pula dengan denyut nadi cepat serta mual.

Alergi Suhu Dingin

Alergi dingin juga bisa dialami oleh anak. Alergi jenis ini biasanya ditandai dengan kulit memerah saat terpapar suhu dingin, terjadinya pembengkakan pada tangan, bibir, dan kerongkongan. Tidak hanya terpapar suhu dingin saja. Alergi dingin juga bisa disebabkan lantaran mengonsumsi makanan atau minuman dingin.

Dermatitis Kontak Alergik

Alergi satu ini disebabkan oleh adanya kontak dengan bahan kimia, dan biasa terjadi pada anak dengan tipe kulit hipersensitif. Gejala yang muncul biasanya berupa rasa gatal, bercak kemerahan, bengkak, dan melepuh. Jika tidak diobati, efek jangka panjang kulit akan tampak bersisik, menembak, dan membuat retak permukaan kulit. Alergi satu ini bahkan bisa meluas ke area tubuh lainnya jika tidak segera diberikan pengobatan yang tepat.

Berikut bagian tubuh yang paling sering terkena dermatitis kontak alergik:

- Tangan
Biasa disebabkan oleh penggunaan detergen, antiseptik, terkena getah sayuran/buah, serta pestisida.
- Lengan
Penggunaan jam tangan berbahan nikel bisa menyebabkan dermatitis pada bagian yang terpapar. Pemakaian sarung tangan karet serta getah tanaman pun menjadi pencetus alergi di bagian ini.
- Wajah
Diakibatkan oleh pemakaian kosmetik, spons, alergen di udara, dan penggunaan krim wajah.
- Telinga atau Leher
Bisa terjadi pada anak yang sensitif terhadap bahan baku pembuatan anting. Cat rambut juga menjadi pencetus munculnya dermatitis pada wajah.

Demikian beberapa jenis alergi anak yang disebabkan oleh berbagai macam faktor baik genetik maupun lingkungan. Lakukan eliminasi secara bertahap lalu hindari makanan atau penggunaan produk yang dapat menyebabkan munculnya alergi.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar