Berbagi Info Menarik

Ketahui, Ini Dia Langkah dan Cara Klaim Asuransi Prudential

Ketahui, Ini Dia Langkah dan Cara Klaim Asuransi Prudential

Anda seorang pemegang polis asuransi Prudential tapi belum tahu bagaimana cara klaim asuransi Prudential tersebut? Sedini mungkin maka sebaiknya Anda tahu bagaimana teknis dari klaim asuransi tersebut. Sebab biasanya setelah kejadian, maka waktu klaim sangat terbatas hanya beberapa hari saja.

Persyaratan perlu Anda persiapkan dengan cepat untuk mendapatkan manfaat yang lebih cepat pula di rumah sakit misalnya. Terutama untuk mereka yang telah memilih produk kesehatan atau kecelakaan, dan hal-hal yang tak diinginkan lainnya. Biasanya hal ini akan membutuhkan klaim yang lebih cepat dan segera.

Banyak orang telah mengaku klaim asuransinya ditolak, padahal mungkin karena kurang membaca informasi ataupun tak sesuai dengan prosedur. Syarat dan bukti-bukti yang diminta itu harus jelas sehingga proses klaim Anda bisa berjalan lebih cepat.

Berikut ini ada beberapa langkah umum cara klaim asuransi prudential yang harus Anda tempuh :

- Pengisian formulir klaim oleh tertanggung atau pemegang polis atau ahli waris (jika tertanggung meninggal). Pengisian dengan menyertakan juga surat keterangan dari dokter.

- Pihak tertanggung ataupun ahli waris menyerahkan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen tersebut di antaranya kwitansi asli, hasil rekam medis, hasil laboratorium, surat dari kepolisian (jika kecelakaan) dan lain sebagainya.

- Perusahaan akan melakukan validasi terhadap dokumen pendukung yang Anda serahkan. Bisa langsung mengontak rumah sakit, pemegang polis, dokter dan lain sebagainya.

- Cara klaim asuransi prudential berikutnya yaitu Apabila semua informasi yang didapatkan sudah sesuai dengan ketentuan klaim dari perusahaan. Maka perusahaan tersebut akan segera memproses klaim ke bagian klaim perusahaan.

Jika Anda memilih produk PRUmed dari Prudential, maka berikut ini langkah-langkah untuk klaimnya, yaitu

- Mengisi formulir klaim PRUmed yang telah tersedia dan ditandatangani langsung oleh pemegang polis.

- Surat keterangan dari dokter yang telah diisi secara lengkap dan jelas oleh dokter yang bersangkutan.

- Fotocopy dari seluruh hasil pemeriksaan di laboratorium, disertakan juga laporan pemeriksaan radiologi jika ada.

- Kwitansi asli dari rumah sakit beserta dengan rinciannya. Jika tidak ada yang asli maka boleh fotocopy yang sudah dilegalisir oleh pihak rumah sakit.

Khusus untuk cara klaim asuransi Prudential pada layanan kesehatan. Maka pastikanlah juga Anda memilih rumah sakit rekanan perusahaan yang sudah ada di daftar perusahaan. Hal ini bisa Anda unduh langsung di website Prudential. Sebelum Anda melakukan rawat inap, maka Anda sudah harus menghubungi pihak pelayanan medis 24 jam dari Prudential. Bisa juga selambat-lambatnya dalam 1x24 jam, Anda sudah harus menunjukkan kartu peserta Anda pada pihak administrasi rumah sakit.

Selain mengetahui cara klaim asuransi Prudential yang Anda miliki, maka Anda perlu juga mengetahui penyebab umum ditolaknya klaim. Di antaranya jika di dalam polis telah tercantum pengecualian, perhatikanlah pengecualian tersebut sebelum mengajukan klaim. Termasuk juga dalam hal pembayaran premi yang jarang atau tak dibayarkan. Hal ini juga menjadi alasan kenapa klaim asuransi Anda ditolak.

Kriteria klaim ini juga harus Anda perhatikan, apakah kira-kira yang Anda alami ini memang bisa masuk dalam kriteria atau tidak. Demikian pula untuk produk layanan Prudential lainnya selain kesehatan, maka semuanya juga secara umum langkah-langkahnya seperti di atas. Jangan lupa pula untuk memperhatikan kriteria klaim, agar Anda tak sia-sia mengurus bukti dan syarat-syaratnya.

Cara klaim asuransi Prudential ini memang harus Anda pelajari semua anggota keluarga, bukan hanya pihak tertanggung saja. Sehingga ketika terjadi suatu masalah misalnya untuk asuransi jiwa, dimana ketika tertanggung meninggal dunia. Maka pihak ahli waris bisa lebih mudah dan cepat dalam hal mengurus proses klaim yang ada.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar