Berbagi Info Menarik

Tips untuk Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak Anda


Tips untuk Membangun Rasa Percaya Diri pada Anak Anda

Tentunya setiap orang tua menginginkan anak mereka untuk tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan penuh percaya diri. Sayangnya, untuk membangun rasa percaya diri pada anak bukanlah mudah. Setiap orang tua membutuhkan tips parenting khusus untuk melakukannya. Untuk itulah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa ditiru oleh setiap orang tua.

1. Bicara dengan Anak secara Pribadi

Biasanya banyak sekali faktor yang membuat seorang anak tidak memiliki rasa percaya. Mulai dari faktor internal hingga faktor eksternal. Hal tersebutlah yang membuat orang tua harus tahu sumber langsung dari masalahnya. Caranya tidak lain adalah dengan melakukan obrolan pribadi dengan si anak. Jelaskan bahwa Anda tidak akan menghakimi mereka terhadap kekurangannya.

Hal ini akan membantu anak lebih nyaman untuk mengungkapkan sumber masalahnya selama ini. Setelah menemukan sumber masalahnya maka tugas berikutnya Anda sebagai orang tua adalah dengan mencarikan solusinya. Hanya saja usahakan bahwa solusi tersebut harus si anak yang mengeksekusinya bukan Anda. Tugas Anda hanya memberikan jalan keluarnya saja.

2. Bantu Anak Menemukan Kegiatan yang Disenangi

Tips parenting berikutnya yang juga bisa dicoba supaya anak memiliki rasa percaya diri adalah dengan membantu mereka menemukan kegiatan yang disenangi. Hal tersebut bukannya tanpa alasan karena dengan menemukan kegiatan yang disenangi akan membantu anak fokus dan juga mengetahui bakatnya.

Bersamaan dengan itu bisa menumbuhkan rasa percaya diri mereka sedikit demi sedikit. Soalnya kegiatan tersebut menyadarkan mereka bahwa mereka juga tidak jauh berbeda dengan anak lainnya. Hal ini sangat berguna untuk membuat anak terus menutupi dirinya sendiri.

3. Ajari Anak untuk Selalu Bersyukur

Rasa kurang percaya diri juga biasanya berasal dari sikap anak yang merasa segala sesuatu ada yang kurang. Baik itu dalam dirinya atau hidupnya. Untuk itulah, penting bagi setiap orang tua untuk mengajarkan anak untuk selalu bersyukur. Dengan selalu bersyukur maka akan membuat anak tidak lagi merasa ada yang perlu disesali dalam hidupnya.

Bahwa segala sesuatu sudah diciptakan sesuai dengan porsinya masing-masing. Orang tua juga wajib menjelaskan bahwa bersama dengan kekurangan maka akan selalu dilengkapi dengan kelebihan. Hal tersebut akan membuat anak lebih percaya dengan dirinya sendiri.

4. Ajari Anak untuk Menetapkan Cita-Cita

Terakhir adalah dengan mengajari anak untuk menetapkan cita-cita untuk mereka. Hal ini akan membuat anak lebih fokus pada kemampuannya bukan pada kekurangannya. Selain itu, dengan mengajari hal ini bisa membuat mereka untuk mau berjuang terhadap apa yang mereka inginkan.

Walau begitu, tips parenting yang sudah dijelaskan di atas tentunya tetap membutuhkan kesabaran dari setiap orang tua. Anda tidak boleh tergesa-gesa dalam menerapkannya karena hanya akan membuat anak tidak nyaman bahkan bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri mereka.
Share:

1 komentar: