Berbagi Info Menarik

Travelling Murah dengan Kartu Kredit

Travelling Murah dengan Kartu Kredit

Traveling menjadi kegiatan yang paling menyenangkan dan paling ditunggu-tunggu kebanyakan orang. Dengan pergi travelling, pikiran juga lebih fresh, kita pun jadi tambah bersemangat untuk melaksanakan rutinitas sehari-hari.

Ke mana pun pergi travelling, kita pasti membutuhkan uang sebagai pelengkap perjalanan kita. Namun, apa jadinya ketika kita tidak punya uang cash yang cukup. Jangan panik ya, Anda bisa menggunakan kartu kredit selama traveling nanti. Biaya yang Anda keluarkan juga jauh lebih murah dengan kartu kredit. Berikut ini tips travelling murah dengan kartu kredit.

1. Memesan Paket Wisata

Agar perjalanan lebih hemat, pesanlah paket wisata hemat yang banyak ditawarkan kartu kredit. Misalnya, kartu kredit Bank A memberikan potongan sebesar Rp500.000 per perjalanan. Yang terpenting adalah jangan ragu untuk menanyakan promo paket wisata kepada bank penerbit untuk mendapatkan penawaran terbaik.

2. Mengecek Limit Kartu Kredit

Sebelum bepergian, coba cek limit kartu kredit. Pengecekan limit sangat diperlukan agar Anda dapat mengetahui sisa transaksi yang dapat ditanggung kartu kredit. Beruntunglah Anda kalau limit kartu kredit masih banyak. Dengan begitu, Anda dapat mengoptimalkan uang tunai yang akan dibawa selama travelling.

Jika yang terjadi sebaliknya, siapkan kartu kredit cadangan. Saat kartu kredit yang satu sudah mencapai limit, Anda bisa menggunakan kartu kredit cadangan untuk membiayai sisa perjalanan.

3. Menyiapkan Uang Tunai Secukupnya

Meskipun Anda sudah mempunyai kartu kredit, jangan pernah lupa bawa uang tunai juga. Uang tunai ini berguna untuk membayar semua keperluan yang tidak bisa dibiayai dengan kartu kredit. Misalnya, saat makan di pinggir jalan. Tentu warung atau pedagang kaki lima tidak punya mesin gesek untuk menyelesaikan transaksi. Di sinilah uang tunai tersebut berguna.

Uang tunai yang Anda bawa sebaiknya sesuai dengan kebutuhan selama traveling. Kalau bisa, bawalah uang tunai lebih. Boleh saja jika Anda mencairkan uang tunai lewat kartu kredit. Namun, Anda harus membayar biaya administrasi yang cukup besar. Apalagi jika tujuan travelling ke luar negeri, biayanya bisa dua kali lipat lebih mahal.

4. Menyimpan Semua Bukti Transaksi

Apa pun jenis transaksi yang Anda lakukan selama travelling, baik itu makan, belanja, maupun kunjungan ke tempat wisata, simpanlah semua bukti transaksi tersebut. Gunanya agar Anda dapat mengetahui jumlah pengeluaran selama satu hari. Anda juga bisa lebih menghemat jika ternyata pengeluaran tersebut di luar ekspektasi.

Menyimpan bukti transaksi juga berguna untuk mengetahui sisa limit kartu kredit. Ketika kartu kredit hampir mencapai limit, Anda tahu kapan waktunya berhemat agar kartu kredit masih dapat digunakan selama travelling berlangsung.

5. Tetapkan Budget Maksimal

Menetapkan budget di kartu kredit tidaklah cukup. Jika ternyata limit kartu kredit Anda besar, keinginan untuk belanja juga semakin tinggi. Keinginan untuk travelling hemat pun tidak akan terwujud, yang ada malah pengeluaran semakin membengkak sesudah travelling.

Budget maksimal di sini merupakan perkiraan kasar mengenai total pengeluaran selama travelling. Dengan begitu, semua pengeluaran yang terjadi dapat diminimalkan. Budget untuk travelling pun sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya.

6. Hitung Total Pengeluaran

Setelah travelling usai, Anda dapat menghitung total pengeluaran secara keseluruhan. Mulai dari biaya tiket, akomodasi, makan, oleh-oleh, hingga biaya untuk mengunjungi tempat wisata.

Jika Anda lupa alokasi penggunaan uang, ambillah bukti struk pembayaran yang sudah disimpan sebelumnya. Lalu, hitunglah semua pengeluaran yang terjadi. Beruntunglah jika total pengeluaran lebih kecil dari total yang dianggarkan. Anda patut tersenyum karena travelling kali ini benar-benar hemat.

Sebaliknya, jika pengeluaran untuk travelling kali ini sedikit melenceng dari anggaran, belajarlah agar penggunaan kartu kredit lebih maksimal lagi di hari esok.

Ketahui Waktu yang Tepat Menggunakan Kartu Kredit

Manfaat kartu kredit bisa dirasakan jika digunakan tepat pada waktunya. Gunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon atau potongan harga saja. Ketika diskon ini tidak ada, lebih baik gunakan uang tunai saat transaksi agar limit di kartu kredit juga tidak berkurang drastis.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar